635 Tenaga Pendidik di Surabaya Ikuti Seminar Ilmiah Hasil Karya Penelitian

635 Tenaga Pendidik di Surabaya Ikuti Seminar Ilmiah Hasil Karya Penelitian

Terkini.id, Surabaya – Sebanyak 635 guru, kepala sekolah, serta pengawas SD dan SMP se-Surabaya, Senin 17 Desember 2018, mengikuti seminar ilmiah hasil karya penelitian yang diadakan di SMPN 26 Surabaya.

Pada kesempatan ini, Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan menuturkan bahwa kegiatan seminar ilmiah ini merupakan rangkaian dari lomba Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran dalam rangka Apresiasi Guru 2018.

“Dari 1.424 karya guru yang masuk terseleksi 635 karya, kemudian mereka mengikuti seminar,” ujar Kadispendik Ikhsan.

Ikhsan mengutarakan bahwa peranan guru sangat penting dalam membuka cakrawala para siswa menghadapi revolusi industri 4.0 saat ini, oleh sebab itu sebelum mereka memberikan transfer knowledge kepada para siswa kami melatihnya terlebih dahulu.

Prof. Muchlas Samani pembicara pada seminar ini mengungkapkan, pada era revolusi industri 4.0 anak-anak harus diajari bagaimana memecahkan sebuah masalah (problem solving) dengan cara 4C (Creative, Critical Thinking, Communication dan Collaboration).

“Dengan kemajuan teknologi, guru harus mampu mendorong para siswa untuk mencari dan mengolah informasi sebagai bentuk upaya pemecahan terhadap sebuah masalah,” ungkap Muchlas.

Sementara itu, pakar teknologi Kresnayana Yahya berujar guru revolusioner 4.0 diharapkan telah mempersiapkan keahlian para siswa karena nantinya keahlian tesebut dapat digunakan dalam berbagai kesempatan terutama memberikan kontribusi di era digital.

Dalam seminar ini, juga diberikan trofi dan hadiah kepada para juara lomba karya inovatif media pembelajaran, lomba penulisan bahan ajar, lomba karya penelitian, dan forum ilmiah guru.

Komentar
Terkini
News

Atasi Genangan Air, Pemkot Surabaya Rutin Keruk Saluran

Terkini.id, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya rutin melakukan pengerukan saluran air di berbagai kawasan. Kegiatan bersih-bersih dilakukan, untuk mengembalikan kapasitas saluran sesuai fungsinya.Pasalnya,