Begini Cara Pemkot Surabaya Peringati Hari Pahlawan 2019

Terkini.id, Surabaya – Kemerdekaan tidak diraih tanpa perjuangan para pahlawan. Untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar Sekolah Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2019. Kali ini acara tersebut digelar di Lapangan Sekolah Don Bosco.

Mengambil tema “Semangat Pahlawan di Dadaku”, Acara yang diikuti ratusan siswa SD dan SMP se-Kota Surabaya.

Dalam sambutannya Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya menyampaikan kegiatan ini dilakukan agar para pelajar mengetahui berbagai nilai-nilai sejarah yang ada di Kota Surabaya, salah satunya berada di Don Bosco ini.

“Dulunya lokasi ini merupakan pusat penyimpanan senjata dari zaman Belanda hingga zaman Jepang, Gedung ini memiliki sejarah yang tinggi sehingga ditetapkan menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Kota Surabaya. Dengan hadir disini, kami ingin para siswa mengenang perjuangan para pahlawan sehingga kian termotivasi untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam membangun bangsa,” jelas Antiek, Kamis, 3 Oktober 2019.

Menurut Antiek, jika dahulu para pahlawan berjuang dengan bambu runcing, maka saat ini para siswa dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara rajin belajar sehingga cita-citanya dapat tercapai.

Dalam kegiatan sekolah kebangsaan ini, digelar pula teatrikal perebutan bendera yang dulu terjadi area gedung Don Bosco yang secara apik ditampilkan oleh siswa-siswa SMP Negeri 25 Surabaya. Selain para pelajar, kegiatan sekolah kebangsaan ini juga menghadirkan para veteran.

Berita Terkait
Komentar
Terkini