Belajar Penerapan IT Pelayanan Publik, DPRD Wajo dan Kupang Kunjungi Dinkominfo Surabaya

Dinkominfo Surabaya
Belajar Penerapan IT Pelayanan Publik, DPRD Wajo dan Kupang Kunjungi Dinkominfo Surabaya

Terkini.id, Makassar – Penerapan Teknologi Informasi untuk pelayanan publik di Kota Surabaya menarik banyak minat daerah lain untuk berkunjung dan melihat secara langsung.

Kali ini, rombongan dari Komisi I DPRD Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan dan Komisi I DPRD Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

Bertempat di Ruang Rapat Dinkominfo, rombongan diterima secara langsung oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

Ahsanul Hak Nawawi, Ketua Komisi I DPRD Kab Wajo dalam sambutannya menyampaikan kunjungannya kali ini ke Kota Surabaya guna mempelajari penggunaan teknologi informasi dan pelayanan administrasi terpadu dan pelayanan satu pintu.

“Kalau sunstansinya mengenai ini, tentunya Kota Surabaya yang paling cocok untuk dijadikan panutan,” ujar Ahsanul Hak.

Setuju dengan hal tersebut, Padron Paulus Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang menyampaikan harapanya dengan kunjungannya ini, pihaknya dapat mengupas lebih dalam penerapan teknologi informasi tersebut sehingga nantinya dapat diterapkan di Kota Kupang.

Sementara itu, Cahyo Utomo menjelaskan tentang e-Surat yang merupakan salah satu implementasi e-Government di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya, khususnya di dalam tata kelola Administrasi

Pemerintahan yang memenuhi azas Efektif, Efisien dan Akuntabilitas. serta untuk memudahkan proses komunikasi antar SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Kemudian, Cahyo juga menjelaskan sedikit mengenai Surabaya Single Window (SSW).

Ia mengatakan bahwa Surabaya Single Window (SSW) merupakan sistem yang memungkinkan dilakukannya suatu penyampaian data dan informasi secara tunggal, pemrosesan data dan informasi secara tunggal dan sinkron serta pembuatan keputusan sesuai dengan tugas dan fungsi masing – masing OPD dalam memberikan perizinan.

Dengan Surabaya Single Window, pelayanan perizinan ini lebih hemat waktu dan biaya, dan yang lebih penting lagi adalah transparansi biaya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Guru Magang di Surabaya Cabuli Siswi SMP

Terkini.id, Surabaya - Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Surabaya menangkap Latiful, pelaku pencabulan terhadap remaja berusia 14 tahun.Pemuda 23 tahun, yang juga