Berkunjung ke Surabaya, Diskominfo Samarinda Pelajari Pengelolaan Keluhan

Diskominfo Samarinda
Berkunjung ke Surabaya, Diskominfo Samarinda Pelajari Pengelolaan Keluhan

Terkini.id, Surabaya – Inovasi pelayanan di Kota Surabaya menarik banyak minat daerah lain untuk datang dan berkunjung untuk mempelajarinya, salah satunya dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda yang mengunjungi Kota Surabaya, Jumat, 5 Juli 2019.

Bertempat di Ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, rombongan diterima oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Sri Puri Surjandari.

Suparmin, Kepala Bidang Aplikasi dan Layanan e-Gov Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda menjelaskan tujuan kunjungannya kali ini untuk mempelajari inovasi pengelolaan keluhan di Kota Surabaya dengan harapan nantinya inovasi tersebut dapat diterapkan di Kota Samarinda.

Sementara itu, dalam sambutannya Sri Puri menyampaikan untuk pelayanan keluhan pengaduan merupakan tugas fungsi pokok bidang Informasi dan Komunikasi Publik. Ia menjelaskan untuk pelayanan keluhan, Kota Surabaya memiliki Media Center yang merupakan Integrasi pelayanan lintas sektor.

“Kita punya tim namanya Tim Pelayanan Keluhan Pengaduan Masyarakat (TPKM). Isinya dari setiap OPD, minimal ada 1 anggota untuk menindak lanjuti keluhan di media center,” jelas Sri Puri.

Sedangkan untuk pelayanan kedaruratan, Sri Puri menjelaskan Surabaya juga memiliki Command Center 112, yang merupakan integrasi antara 8 OPD di Surabaya diantaranya DP5A, DKRTH, DPUBM, LINMAS, SATPOL PP, DISHUB, DINSOS, PMK serta dibantu oleh Kepolisian.

Melalui nomor 112 ini, masyarakat dapat melaporkan jika terjadi keadaan darurat maupun bencana atau jika membutuhkan bantuan.

Laporan yang diterima, akan langsung ditindaklanjuti oleh petugas yang tersebar di 9 posko yang ada di seluruh Kota Surabaya dengan respond time maksimal 7 menit tiap kejadian darurat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Guru Magang di Surabaya Cabuli Siswi SMP

Terkini.id, Surabaya - Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Surabaya menangkap Latiful, pelaku pencabulan terhadap remaja berusia 14 tahun.Pemuda 23 tahun, yang juga