Dinkominfo Surabaya Terima Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Gunung Kidul

Dinkominfo Surabaya
Dinkominfo Surabaya Terima Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Gunung Kidul

Terkini.id, Surabaya – Berbagai terobosan baru dalam hal pelayanan di Kota Surabaya selalu menarik berbagai pihak untuk datang berkunjung dan melihat langsung terobosan tersebut.

Kali ini rombongan dari Komisi A DPRD Kabupaten Gunung Kidul mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Jumat 3 Mei 2019.

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, sebanyak 12 peserta rombongan diterima secara langsung oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinkominfo Kota Surabaya.

Demas Kursiswanto, ketua DPRD Kabupaten Gunung Kidul dalam sambutannya menyampaikan tujuan kunjungannya ke Kota Surabaya yaitu ingin mempelajari tahapan yang perlu dipersiapkan dalam pembangunan Elektronik Goverment serta bagaimana infrastruktur dan sumber daya manusia yang perlu dipersiapkan, juga bagaimana proses penganggaran dan penerapannya.

Sementara itu, Cahyo Utomo menyampaikan dengan semakin berkembangnya kemajuan jaman maka Pemkot Surabaya juga turut menerapkan perkembangan teknologi dalam manajemen pemerintahan dan pelayanan publik melalui E-Government yang diatur dalam Perwali 5 tahun 2013 Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Cahyo menjelaskan, aplikasi E-goverment yang dilaksanakan di Surabaya ini berguna untuk menyusun sistem anggaran pemerintah daerah.

“Semua perencanaan anggaran yang dilakukan di Pemerintah Kota Surabaya saat ini menggunakan aplikasi e-bugdeting dari berapa besar biaya perjalanan dinas, sampai kebutuhan lainnya di masing-masing SKPD,” terangnya.

Masih menurut Cahyo, e-Musrenbang sebagai aplikasi pengajuan usulan masyarakat dilakukan melalui RW masing-masing. Masing-masing RW di Kota Surabaya diberi pasword dan username untuk entry usulan masyarakat.

“Dalam e-Musrenbang dapat ditelusuri perkembangan dari rencana yang diusulkan masyarakat. Usulan yang diterima melalui e-Musrenbang akan dianggarkan melalui e-Budgeting,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Guru Magang di Surabaya Cabuli Siswi SMP

Terkini.id, Surabaya - Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Surabaya menangkap Latiful, pelaku pencabulan terhadap remaja berusia 14 tahun.Pemuda 23 tahun, yang juga