Jembatan Merah, Saksi Sejarah Perjuangan Arek-arek Suroboyo

Jembatan Merah Surabaya
Jembatan Merah Surabaya

Terkini.id, Surabaya – Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Kota Surabaya memang dipenuhi berbagai peristiwa sejarah di masa lalu. Banyaknya peristiwa sejarah yang telah terjadi di Kota Surabaya tentunya meninggalkan beragam saksi dan bukti, salah satunya yaitu Jembatan Merah.

Tempat bersejarah ini terus dirawat oleh Pemerintah Kota Surabaya. terlihat dari adanya lampu-lampu yang dipasang untuk mempercantik kawasan ini.

Berlokasi di Jalan Kembang Jepun Kecamatan Pabean Cantikan, Jembatan Merah ini menjadi saksi bisu perjuangan arek-arek Suroboyo melawan tentara sekutu di era 1945.

Bahkan disini juga merupakan lokasi tewasnya pimpinan tentara Sekutu Brigadir Jenderal A.W.S Mallaby yang terbunuh dalam baku tembak antara tentara sekutu dengan arek-arek Suroboyo

Jembatan yang sejak dibangun pada tahun 1809 sudah identik dengan warna merah ini dibangun pada era Gubernur Jendral Deandels untuk menghubungkan wilayah timur sungai Kali Mas (kawasan pecinan dan arab) dengan wilayah barat sungai (wilayah eropa) sehingga Jembatan Merah menjadi pusat area bisnis di Surabaya.

Jembatan ini juga merupakan akses satu-satunya yang menghubungkkan Kali Mas dengan gedung-gedung pemerintahan Kota Surabaya.

Selain menyimpan banyak sejarah, Jembatan Merah juga dapat menjadi lokasi wisata karena masih banyak bangunan tua yang saat ini digunakan sebagai gedung perbankan dan perkantoran.

Selain itu, banyak lokasi yang dapat dikunjungi disekitar Jembatan, salah satunya Jembatan Merah Plaza, Taman Sejarah, Klenteng Hong Tiek Hian, Pasar Pabean, Kawasan Ampel, hingga Museum Sampoerna.

Komentar
Terkini
News

Guru Magang di Surabaya Cabuli Siswi SMP

Terkini.id, Surabaya - Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Surabaya menangkap Latiful, pelaku pencabulan terhadap remaja berusia 14 tahun.Pemuda 23 tahun, yang juga