Masuk Ruang ICU, Wali Kota Tri Rismaharini Ditangani 15 Dokter Spesialis

Tri Rismaharini
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini

Terkini.id, Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjalani perawatan di ruang intensive care unit (ICU) RSUD dr Soetomo. Asma Risma kambuh sehingga butuh perawatan khusus.

Lantaran Risma dirawat di ruang ICU, pembesuk pun dibatasi. Pejabat dari lingkungan Pemkot Surabaya pun tak bisa sembarangan mendekati ruang perawatan di lantai 2 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo tersebut.

Karena itu, para pembesuk hanya bisa naik sampai lantai 2 atau menanti di ruang tunggu. “Yang menunggu di ICU hanya keluarga,’’ ujar Kabaghumas Pemkot Surabaya M. Fikser, Kamis, 27 Juni 2019.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita mengungkapkan, ada alasan khusus sehingga Risma sampai dirawat di ICU. Tujuannya agar tokoh kelahiran 20 November 1961 di Kediri itu bisa beristirahat total tanpa terganggu pekerjaan.

“Kondisi beliau stabil. Ibu (Risma, red) butuh istirahat penuh dan tidak banyak berpikir agar lekas pulih,” ujar Febria.

Lebih lanjut Febri mengatakan, Risma juga dipasangi aneka peralatan untuk memulihkan kondisi kesehatannya. Mulai infus, peralatan untuk membantu pernapasan, hingga pemantau tensi darah.

Sebelumnya Risma sempat menjalani perawatan di ICU RSUD dr M. Soewandhie hingga Rabu 26 Juni 2019. Namun, akhirnya Risma dibawa ke RSUD dr Soetomo.

“Ibu awalnya memang sakit mag dan asma. Kenapa dibawa ke Soetomo, agar mendapatkan perawatan yang lebih baik dan intensif di sini. Dokter spesialisnya lebih banyak dan konsultan-konsultannya,’’ kata Feni.

Kepala Humas RSUD dr Soetomo Pesta Parulian menyebutkan, sedikitnya 15 dokter dari sepuluh subspesialis ditugaskan merawat Risma. Mereka terdiri atas dokter spesialis anestesi, paru-paru, penyakit dalam, mikrobiologi, jantung, patologi klinik, dan radiologi.

“Kami memberikan perawatan superintensif untuk ibu mulai perawatan yang pertama. Sampai sekarang ini, kami masih mendalami apa saja yang terjadi pada ibu,’’ ujar Pesta. (jpnn)

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Idul Adha, Ini Pesan Wali Kota Tri Rismaharini

Terkini.id, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama keluarga dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, melaksanakan ibadah Salat Idul Adha 1440 H yang diikuti