Museum HOS Tjokroaminoto, Saksi Bisu Sejarah Putra Terbaik Bangsa

Museum HOS Tjokroaminoto
Museum HOS Tjokroaminoto

Terkini.id, Surabaya – Ada banyak museum yang tersebar di Surabaya. Beberapa merupakan saksi bisu sejarah putra terbaik bangsa memperjuangkan kemerdekaan.

Salah satu dari museum tersebut adalah Museum Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto yang terletak di Jalan Peneleh VII nomor 29 Surabaya.

Diresmikan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pada 27 November 2017, rumah yang merupakan tempat tinggal dari HOS Tjokroaminoto ini disulap menjadi museum yang memuat sejarah perjuangan HOS Tjokroaminoto.

Museum ini berbentuk arsitektur khas jawa dengan dua lantai yakni lantai bawah sebagai tempat tinggal keluarga HOS Tjokroaminoto dan lantai dua yang difungsikan sebagai kamar indekos.

Achmad Yanuar Firmansyah, Pemandu dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya menjelaskan bahwa museum ini berisi foto dan narasi yang menjelaskan sejarah HOS Tjokroaminoto, termasuk beberapa barang dan profil para penghuninya.

“Pemuda-pemuda yang pernah indekos di rumah inilah yang kemudian menjadi tokoh yang berperan penting dalam sejarah bangsa Indonesia,” ujarnya.

Pemuda-pemuda ini seperti Munawar Musso, Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo, Raden Darsono Notosudirdjo, Semaun, Alimin dan juga Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Bagi warga Surabaya atau wisatawan yang ingin berkunjung, museum ini buka hari Selasa-Minggu, pukul 09:00-17:00 tanpa dipungut biaya.

Komentar
Terkini
Budaya

Sejarah Patung Arca Joko Dolog Surabaya

Terkini.id, Surabaya - Arca ini menurut legendanya dibuat tahun 1289 masehi sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Kartanegara yang memerintah kerajaan Singasari.Patung ini secara khusus