Musim Hujan, Pemkot Surabaya Bentuk Pemantau Jentik

Musim Hujan, Pemkot Surabaya Bentuk Pemantau Jentik

Terkini.id, Surabaya – Memasuki musim hujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengantisipasi adanya jentik-jentik nyamuk akibat genangan dari curah hujan yang tinggi dengan membentuk Pemantau Jentik (Bumantik).

Hari ini, Selasa 8 Januari 2019, Ibu-ibu Bumantik berkumpul di Ruang Majapahit Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya untuk mendapatkan pembinaan.

Kepala Dinas Kesehatan Febria Rachmanita mengatakan bahwa tujuan pertemuan kali ini adalah sebagai wadah untuk menampung aspirasi bagi Pemkot Surabaya dari para Bumantik terkait pengalaman Bumantik saat melaksanakan kegiatan pemantauan jentik nyamuk di masyarakat

Pertemuan yang  diikuti setidaknya 250 kader Bumantik dari Kota Surabaya, ini berlangsung selama 2 hari dan dalam sehari dibagi menjadi 2 sesi.

Dalam pertemuan ini para kader Bumantik diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan masukkan mengenai apa saja yang mereka butuhkan saat di lapangan.

Kebanyakan dari kader Bumantik ingin segera diberikan seragam dan juga ID card agar apabila sewaktu-watu mereka mengadakan pemeriksaan jentik di rumah warga setiap minggu, warga tidak segan membukakan pintu untuk para Bumantik.

Selain seragam dan kartu identitas, para kader Bumantik akan diberikan sarung tangan, masker dan juga sepatu boots agar saat mereka melakukan pemeriksaan jentik mereka tidak terganggu dengan bau tidak sedap ataupun medan yang becek atau licin.

Dengan adanya Bumantik ini diharapkan dapat menekan penyebaran virus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Roadshow Bus, KPK Ajak Warga Surabaya Cegah Korupsi

Terkini.id, Surabaya - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengajak Warga Kota Surabaya turut berpartisipasi dalam program pencegahan korupsi. Salah satunya dengan menghadirkan roadshow bus