Pelajari Inovasi Pelayanan Publik, Pusdiklat Kemenristek Dikti Kunjungi Surabaya

Terkini.id, Surabaya – Berbagai macam inovasi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Surabaya, menarik banyak pihak untuk berkunjung.

Salah satunya dari Pusdiklat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Rabu, 11 September 2019.

Empat belas peserta rombongan diterima oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya di Ruang Rapat Dinkominfo.

Dalam sambutannya Cahyo menyampaikan ucapan selamat datang kepada para rombongan. Ia juga menjelaskan secara singkat profil Kota Surabaya.

Sementara itu, Malikuz zahar selaku kepala rombongan Pusdiklat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyampaikan tujuan kunjungannya ke Kota Surabaya guna mengadopsi dan mengadaptasi inovasi-inovasi dalam pelayanan publik yang telah dilaksanakan oleh Kota Surabaya.

Menurut Malikuz Zahar, Kota Surabaya dipilih menjadi lokasi penelitian karena telah sukses dalam melaksanakan inovasi dalam pelayanan publik, terbukti dengan banyaknya apresiasi yang telah diterima oleh Kota Surabaya.

Sementara itu, Cahyo Utomo dalam paparannya menjelaskan di era modern ini segalanya dituntut untuk cepat dan transparan.

Termasuk untuk Pelayanan Publik, oleh karena itu, Pemerintah Kota Surabaya menggunakan Eletronik Government untuk sistem Pelayanan Publik, Pengelolaan Keuangan, Surat Menyurat hingga Proses Perencanaan Pembangunan di Kota Surabaya.

Cahyo mencontohkan untuk proses surat menyurat, Kota Surabaya telah menggunakan aplikasi e-Surat, dengan aplikasi ini proses surat menyurat dapat lebih efektif dan efisien, serta dapat menghemat anggaran kertas di Kota Surabaya karena semua proses surat menyurat antar SKPD hingga Disposisi kegiatan sudah menggunakan elektronik.

“Dengan aplikasi e-Surat ini, disposisi pekerjaan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, contohnya ketika Wali Kota sedang dinas ke luar negeri, beliau masih bisa mendisposisikan kegiatan ke pegawai melalui aplikasi ini,” tegas Cahyo.

Komentar
Terkini