Pelajari Pengelolaan Pemerintahan, Diklatpim Jabar Kunjungi Pemkot Surabaya

Terkini.id, Surabaya – Kota Surabaya tetap memiliki magnet yang menarik banyak pihak untuk datang dan berkunjung untuk menggali ilmu tentang tata kelola pemerintahan yang telah berlangsung baik.

Kali ini, rombongan dari Diklatpim Tingkat IV Angkatan VII dan VIII Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat bertandang ke Kota Surabaya untuk menggali ilmu lebih dalam tentang pengelolaan pemerintahan yang telah dilakukan Pemerintah Kota Surabaya, khususnya tentang pemanfaatan teknologi dan informasi dalam pekerjaan sehari-hari.

Bertempat di Graha Sawunggaling, rombongan disambut oleh M. Taswin, Asisten Perekenomian dan Pembangunan Sekkota Surabaya

Tujuan datang ke Surabaya adalah untuk mencari pelajaran baru tentang Kota Surabaya sekaligus  juga untuk mengamati, mencermati dan mempelajari hal-hal apa yang belum ada yang nantinya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kemajuan daerah masing-masing.

Sementara itu, Taswin dalam paparannya menjelaskan bahwa kegiatan pemerintahan sehari-hari di Pemerintah Kota Surabaya sudah menggunakan teknologi informasi atau yang biasa disebut dengan Electronic Government (e-Gov), sehingga bisa lebih cepat dan efisien.

“Pemkot Surabaya juga melibatkan masyarakat dalam pembangunan kota, salah satunya adalah dengan mengajak para ketua RT dan RW untuk ikut serta lewat e-Musrenbang, aplikasi Sipandu, dan lain sebagainya,” kata Taswin, Senin, 16 September 2019.

Ia juga mengatakan bahwa seluruh proses pengelolaan pemerintahan di Pemkot Surabaya menggunakan teknologi dan informasi seperti proses perencanaan pembangunan, pengelolaan keuangan, pelayanan publik, hingga proses surat menyurat.

Semuanya terintegrasi dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri sehingga bisa lebih mudah untuk di monitor,” ujarnya.

Terkait dengan perekonomian dan perdagangan, Pemkot Surabaya selalu memantau perkembangan harga pasar terkait bahan pokok serta rutin melakukan operasi pasar guna menstabilkan harga barang di pasar.

Pemkot Surabaya juga mampu memperbaiki kesejahteraan warganya dengan menggelar Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda dimana warga dilatih untuk berwirausaha.

Pengurusan perijinan di Surabaya juga dimudahkan. Melalui aplikasi Surabaya Single Window masyarakat bisa mengajukan permohonan perijinan yang dapat dimonitor langsung secara online.

Taswin juga menambahkan bahwa kinerja Pemkot Surabaya juga ikut dinilai oleh warga Kota Surabaya. Mereka bisa memberikan feedback terkait yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi.

“Penyampaian aspirasi tersebut dapat dilakukan oleh warga melalui berbagai kanal yang disediakan oleh Pemkot Surabaya salah satunya adalah media sosial,” terangnya.

Kinerja para pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya juga dapat dimonitor langsung yang harus dilaporkan setiap hari, hal ini selain meningkatkan efisiensi dan kinerja juga menunjang kesejahteraan pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini