Pemkot Surabaya Sambut Kunjungan Humas dan Protokol Pemkab Sintang

Pemkot Surabaya
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima kunjungan dari Humas dan Protokol Pemkab Sintang

Terkini.id, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menerima kunjungan dari pemerintah daerah lain. Kali ini rombongan Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat datang berkunjung, Senin, 8 April 2019.

Rombongan diterima di Ruang Rapat Dinas Komunikasi (Dinkominfo) Lantai V Gedung Pemkot Jimerto.

Abdul Syufriadi, Asisten Pemerintahan Setda Sintang mengungkapkan, kunjungan tersebut dalam rangka menggali informasi banyak hal utamanya terkait pengelolaan media, kerjasama dengan media yang ada dan strategi penyebarluasan informasi kegiatan pemerintah kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya.

Surabaya dipilih menjadi tujuan studi karena dianggap telah melakukan kegiatan tersebut dengan baik dan diakui di Indonesia.

Cahyo Utomo, Sekretaris Dinkominfo mengawali paparan dengan menjelaskan secara singkat geografis dan demografis Surabaya.

“Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya bergerak di bidang jasa dan perdagangan dengan masyarakat yang beragam. Dengan jumlah penduduk lebih dari 3,2 juta, Pemkot Surabaya terus berinovasi untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Cahyo.

Terkait dengan pengelolaan informasi, lanjut Cahyo, Pemkot Surabaya membentuk dan memberdayakan masyarakat hingga tingkat RT dan RW dengan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di tiap kelurahan di Surabaya.

“KIM bertugas sebagai penghubung pemerintah dan masyarakat dengan menyampaikan program pemerintah sekaligus menampung aspirasi masyarakat di wilayahnya,” terangnya.

Selain KIM, lanjut Cahyo, Pemkot Surabaya memiliki PPID, media center dan kanal sapawarga dengan menggunakan berbagai media termasuk media sosial  sebagai  wadah pemerintah dan warga untuk berinteraksi.

Sementara itu, Zainuddin Fanani, Kasubag Dokumentasi dan Pelaporan Humas menjelaskan peran humas di Pemkot Surabaya yakni melayani pimpinan terkait informasi yang ada di masyarakat.

“Beberapa kegiatan seperti peliputan kegiatan Wali Kota, media gathering, iklan layanan masyarakat di media dan pembuat media internal. Dalam penyebaran informasi, humas juga menggunakan berbagai media,” ujarnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Roadshow Bus, KPK Ajak Warga Surabaya Cegah Korupsi

Terkini.id, Surabaya - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengajak Warga Kota Surabaya turut berpartisipasi dalam program pencegahan korupsi. Salah satunya dengan menghadirkan roadshow bus