Pengerjaan Alun-alun Surabaya Dilanjutkan, Separuh Jalan Yos Sudarso Bakal Ditutup

Alun-Alun Surabaya
Pengerjaan Alun-alun Surabaya Dilanjutkan, Separuh Jalan Yos Sudarso Bakal Ditutup

Terkini.id, Surabaya – Pembangunan Alun-alun Surabaya Jalan Yos Sudarso bakal dilanjutkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan melakukan pile integrity test (PIT) yang akan dimulai selama 4 hari 20-24 Juni 2019. Selama pengerjaan tersebut, separuh jalan Yos Sudarso.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Chalid Buhari saat jumpa pers di kantor Humas, Selasa, 18 Juni 2019 mengatakan, tes PIT ini penting karena untuk mengetahui letak dan kedalaman infrastruktur dan jaringan bawah tanah yang ada di Jalan Yos Sudarso.

Misalnya, kabel fiber optik, pipa PDAM, ataupun utilitas kecil lainnya. Dua hari pertama akan dikerjakan sisi barat, sisanya akan dilanjutkan dengan sisi timur.

Pemkot Surabaya melalui Dinas Perhubungan bersama Polrestabes telah merencanakan Persiapan rekayasa lalu lintas terkait pengerjaan PIT ini. Selain itu, selama pengerjaan akan disiagakan petugas untuk melakukan pengamanan.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalin, Dishub Surabaya, Beta Ramadhani menyampaikan, selama pengerjaan tes PIT empat hari, akan dilakukan penutupan separuh Jalan Yos Sudarso.

Pada pengerjaan tes PIT sisi barat, maka Jalan Yos Sudarso hanya dibuka dua lajur di sisi timur dan sebaliknya.Penutupan separuh jalan akan dimulai pada pukul 20.00 Wib, Kamis, 20 Juni 2019, di sisi barat.

Selanjutnya pada hari Sabtu, 22 Juni 2019, sisi sebelah timur Jalan Yos Sudarso akan ditutup separuh, untuk pengerjaan di sisi barat.

Usai pengerjaan PIT ini kemudian dilakukan analisa untuk selanjutnya dilakukan penutupan total pengerjaan basement. Rencananya, ia menyebut, penutupan total selama enam bulan Jalan Yos Sudarso akan diberlakukan pada bulan Juli 2019.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya Iman Kristian memastikan Alun-Alun Suroboyo ini memiliki luas total 14.620 meter persegi atau sekitar 1,46 hektar.

Di lantai pertama ini, akan menjadi sebuah plaza mewah bawah tanah dan juga bisa dijadikan tempat nongkrong oleh warga Surabaya.

Sedangkan di lantai dua, akan dibangun tempat parkir yang luasnya mencapai 6.050 meter persegi. Tempat parkir ini akan mampu menampung 120 mobil dan 125 sepeda motor.

Sedangkan untuk Alun-alun sebelah timur atau di persil Pemuda 17 bakal dilengkapi dengan amphitheatre dan tribun tempat duduk untuk pertunjukkan seni.

Bahkan, alun-alun sebelah timur nantinya juga bakal dibangun patung Sawunggaling dan diorama sejarah tentang Kota Surabaya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Guru Magang di Surabaya Cabuli Siswi SMP

Terkini.id, Surabaya - Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Surabaya menangkap Latiful, pelaku pencabulan terhadap remaja berusia 14 tahun.Pemuda 23 tahun, yang juga