Sambangi Kecamatan Wiyung, Pemkot Gelar Roadshow Surabaya Smart City 2019

Terkini.id, Surabaya – Roadshow Surabaya Smart City 2019 kembali digelar hari ini, Selasa, 26 November 2019. Kali ini roadshow digelar di wilayah Surabaya Selatan tepatnya di Jl. Dukuh Gemol Kali, Kelurahan Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung.

Adapun peserta berasal dari 8 kecamatan yang ada di Surabaya Selatan yaitu Kecamatan Wiyung, Kecamatan Wonokromo, Kecamatan Jambangan, Kecamatan Karang Pilang, Kecamatan Gayungan, Kecamatan Dukuh Pakis, Kecamatan Sawahan, dan Kecamatan Wonocolo.

Chalid Buhari, Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Surabaya bukan hanya kota besarnya saja bahkan sampai ke pelosok kampung menjadi kota wisata karena adanya sikap kegotong-royongan yang sangat tinggi.

Kebersamaan yang tinggi untuk mengelola sampah menjadi sesuatu yang bernilai dan mengangkat Kota Surabaya di kanca Internasional serta bisa membanggakan. Semua itu berkat partisipasi warga Kota Surabaya dalam menjaga kebersihan kampung nya.

Salah satu tujuan dari program ini adalah dalam rangka untuk menekan dan mengurangi global warming yang di negara-negara maju menjadi sesuatu yang sangat kritis.

Chalid Buhari juga menyampaikan, semua kondisi yang sudah dilakukan warga saat ini tidak ada di negara manapun, bahkan Walikota dalam beberapa kunjungannya juga mempresentasikan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan warga Surabaya menjadi sesuatu yang sepertinya mustahil dengan penduduk yang banyak diatas 3 juta kompak untuk menghijaukan, mengindahkan dan memberikan sesuatu kesejukan dan meningkatkan kesejahteraan bersama.

Lebih lanjut Chalid menyampaikan, arti dari smart sendiri merupakan predikat dari warga kota surabaya. Smart bukan hanya teknologi nya tetapi jiwa besarnya mengelola lingkungan dan kebersihannya.

“Beliau (Ibu Walikota) setiap hari terus mendengungkan dengan keliling menyemangati bahwa kota surabaya terus dipertahankan kebersihannya dan keindahannya itu menjadi sesuatu yang smart. Kehebatan dari warga kota surabaya yang tidak bisa dikalahkan oleh negara-negara lain,” ujarnya.

“Semua kondisi yang sedemikian rupa ini akan dinikmati oleh anak-anak cucu kita nantinya dan juga kedepan mudah-mudahan dengan terus secara kontinyu berkesinambungan dan berkelanjutan,” sambungnya.

Di akhir acara diumumkan pemenang Surabaya Smart City 2019 wilayah Surabaya Selatan yaitu untuk juara pertama Kecamatan Wiyung, juara kedua Kecamatan Jambangan dan juara ketiga diraih Kecamatan Wonokromo.

Komentar
Terkini