Terkini.id Beri Apresiasi 47 Brand Top Kuliner di Makassar

Makassar Most Favourite Culinary Award 2018 persembahan Terkini.id

Terkini.id, Makassar – Setelah sukses diadakan sejak tahun 2010 hingga 2017, Makassar Terkini (terkini.id) kembali menghadirkan malam penganugerahan usaha kuliner, Makassar Most Favourite (MMF) Culinary Award 2018.

Ajang tahunan ini merupakan sebuah apresiasi bagi perusahaan-perusahaan kuliner di Makassar yang sukses meraih pilihan konsumen sebagai restoran terfavorit tahun ini.

Penghargaan ini berdasarkan hasil survei dari terkini.id melibatkan 300 responden di Kota Makassar dengan metode purposive random sampling. Dipadukan dengan tools kuesioner sebagai instrument pengumpulan data.

Dari hasil survei dan kuisioner diperoleh hasil sebanyak 47 peraih penghargaan MMF Culinary Award 2018 sebagai brand kuliner favorit warga Kota Makassar. Berikut daftarnya.

1. Otak-otak Ibu Elly

Sudah terkenal sejak tahun 1995. Makanan berbahan dasar ikan segar ini selalu menggoyang lidah pencinta kuliner.

Sampai sekarang, cita rasa dan kualitasnya tidak pernah berubah. Semua dipertahankan demi menjaga kepercayaan dan menyenangkan hati pelanggan.

2. Martabak dan Terang Bulan Medan

Kerja keras dan semangat menghadirkan kuliner enak saat bersantai bersama keluarga melahirkan merk terkenal di Kota Makassar.

Punya cita rasa khas. Pemiliknya selalu berinovasi untuk memanjakan lidah pelanggan. Sejak tahun 1969, selalu ada di hati warga Kota Makassar.

3. Coto Paraikatte

Warga dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Makassar selalu direkomendasikan ke tempat ini. Pemiliknya menghadirkan rasa dan suasana yang penuh persaudaraan.

Menikmati sajian kuliner khas makassar ini membuat pengunjung seperti berada di rumah sendiri.

4. Sosis Bakar Jumbo 1345

Bisnis ini dimulai dengan pemasaran secara online pada tahun 2014. Satu tahun kemudian, pengelola membuka layanan offline, guna memenuhi permintaan pelanggan.

Rasa sosis di pembakaran ternyata mengundang banyak pengunjung. Kesan positif pun berdatangan.

5. Balla Kanrejawa Jaya

Kehadiran kedai ini mengangkat citra positif kue tradisional di Makassar. Bermula dari toko kecil, bisnis kuliner kedai ini terus berkembang. Dicintai banyak warga. Pencinta kue tradisional.

6. Lumpia Sulawesi

Meski banyak kompetitor yang bermunculan menyajikan kuliner serupa, kedai ini masih tetap menjadi pilihan food lovers.

Rasanya yang khas dilumuri saos racikan sendiri, membuat lidah tidak mau berhenti mencecap. Lumpia gurih dan enak selalu disajikan.

7. Coto Nusantara

Kenikmatan kuliner ini sudah diakui. Sehingga percaya diri membuka cabang di banyak tempat. Daging sapi lokal diolah dengan bumbu tradisional memberi rasa khas bagi lidah pencinta kuliner.

8. Chocolicious (Brownies)

Sulawesi Selatan sebagai produsen kakao dunia patut berbangga dengan hadirnya kedai kue ini. Karena biji kakao yang menghasilkan coklat mampu diolah menjadi banyak produk kue enak.

Bermacam kreasi dan inovasi kudapan berbahan baku coklat membuat kedai ini selalu banjir pengunjung.

9. Sushi Tei

Menikmati makanan di restauran ini seperti berada di negeri sakura Jepang. Nikmatnya menu membuat pelanggan makin betah. Paling penting dari restauran ini, bahan bakunya yang dijamin segar dan sehat.

10. Martabak & Terang Bulan Holland

Banyak Martabak dan Terang Bulan di Makassar. Namun, ada satu produk martabak terang bulan dengan kualitas premium dan rasanya sudah diakui di Kota Ini. Produk martabak dan terang bulan yang disajikan dengan aneka rasa, membuatnya sudah dikenal paling enak di Makassar.

Martabak & Terang Bulan Holland yang asli hanya ada di Jalan Lamadukelleng, MakassarSelamat untuk Martabak Holland Makassar!

11. Browcyl

Selalu ada temuan baru kuliner berbahan baku pisang. Inovasi dan pengalaman yang matang membuat kedai ini ahli meramu pisang segar menjadi banyak kudapan. Khususnya brownies.

Warga Makassar atau wisatawan selalu menulis merk kuliner ini dalam daftar buah tangan, setiap kali bepergian.

12. Ayam Penyet Pak Tjomot

Kedai ayam penyet bertebaran di banyak lokasi di Makassar. Tapi ramuan dan penyajian yang istimewa membuat ayam penyet ini selalu menjadi pilihan warga. Hendrik Gomulyo sebagai perintis usaha menjaga agar cita rasa ayam dan bumbu selalu pas di lidah food lovers.

13. Otak-otak Ibu Sanny

Tekstur yang kenyal, lembut, gurih, dan tidak berbau amis menjadi keunggulan kudapan berbahan dasar ikan segar ini.

Racikan istimewa sambal petis menambah nikmat kuliner yang dibungkus daun pisang ini. Sejak tahun 1998 sudah terkenal sebagai kuliner yang direkomendasikan food lovers.

14. Markobar

Menyajikan martabak dengan gaya milenial menjadikan kedai ini pilihan pencinta kuliner. Banyak varian rasa yang disajikan dengan rasa khas martabak modern. Kedai ini berhasil menjadi pilihan favorit food lovers tahun ini.

15. Es Putar Papabon

Hidup harus selalu berputar. Agar tidak membeku. Tidak boleh juga terlalu sering diputar supaya tidak cepat mencair. Filosofi ini pas untuk menggambarkan tekstur, rasa, dan aroma es putar pilihan warga Makassar ini.

16. Muda-mudi

Rumah makan ini sudah ada di Makassar sejak 1993. Hingga saat ini, rumah makan di Jalan Rusa tersebut selalu ramai dikunjungi.

Menyajikan berbagai jenis masakan nusantara, mulai dari masakan Asia hingga nusantara. Salah satu menunya, yakni Es Pisang Ijo, selalu menjadi andalan pengunjung.

17. Kios Wijaya (nasi kuning)

Terletak di Jalan Pengayoman Ruko Mira II, warung ini selalu terkenal dengan hidangan nasi kuningnya. Nasi kuning disajikan bersama daging sapi, telur, hingga ayam, dan disiram kuah daging yang lezat.

18. Mantao Pare Sinar Terang

Roti Mantao yang enak memang selalu ada di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Namun, mantao yang rasanya seperti di Parapare bisa juga ditemukan di Makassar.

Toko yang menyajikan Mantao Pare ini hadir sejak 2013, dan menjual beraneka ragam mantao, mula dari burger, original, cokelat, dan lain-lain.

19. Cangkir Bakery

Kue-kue kering hingga makanan berbahan roti dijajakan di kafe yang berada di Jalan Landak Baru ini. Menyajikan berbagai menu, mulai dari burger, sandwich, hingga roti.

20. Batagor Gaga (Kategori Batagor)

Bagi yang suka jajanan camilan Batagor di Makassar, ini pasti tidak asing. Batagor ini adalah inspirasi makanan khas asli Indonesia yang berasal dari Kota Bandung, Jawa Barat.

Produk batagor ini dikemas dikemas dengan warna dan tema yang menarik sehingga membuat orang lebih tertarik untuk menikmati kelezatannya.

21. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Bicara soal Soto Ayam, jenis Soto Ayam Lamongan selalu menjadi favorit. Di Makassar Soto Ayam Lamongan ini sudah hadir sejak 2017 di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Menu khas Soto Lamongan sangat terasa di rumah makan ini. Tidak kalah dengan soto ayam di Jawa.

22. Pisang Goreng Nugget

Sajian camilan berbahan pisang goreng, selalu menjadi andalan di sejumlah kafe, dan kedai pilihan. Tapi pisang goreng ini rasanya beda.

Produk pisang goreng disajikan dengan jenis nugget. Disajikan dengan berbagai varian rasa. Mulai dari keju, coklat, dan lain-lain.

23. Cinnamon Cafe & Dessert (Dessert House)

Sejak dibuka, kafe yang dikenal dengan menu-menu essert ini sudah mendapat tempat tersendiri di hati peminatnya. Produk yang disajikan seperti ayam geprek, ice mango.

24. Fat Dragon (Chinese Restaurant)

Para penikmat masakan Chinese sudah sangat akrab di restoran ini. Gerainya terdapat di kawasan Panakkukang, hingga Trans Studio Mall. Beberapa masakannya yang dikenal seperti suki, dim sum, dan masakan Chinese lainnya.

25. Pisang Ijo Nagoya (Pisang Ijo)

Makassar terkenal dengan salah satu penganannya, yakni Pisang Ijo. Salah satu yang terbaik ada di restoran ini. Restoran di Jalan Lasinrang nomor 28 ini menyajikan es pisang ijo yang bikin ketagihan.

26. Phoenam (Local Coffee House)

Penikmat kopi, mulai dari kalangan pejabat, pebisnis, wartawan, senang ‘ngumpul’ di warung kopi ini. Warung yang sudah buka sejak 1946 ini, dikenal dengan kopi yang enak, dilengkapi dengan camilan seperti roti kaya dan lain-lain.

27. Soto Ayam Cak Sam Surabaya

Bagi para penikmat soto, ini bisa menjadi pilihan menarik. Gerainya ada di mal, salah satunya Panakkukang Square. Menyajikan masakan soto dengan bahan-bahan ramuan dari rempa yang khas.

28. Ulu Juku (Kepala Ikan)

Masakan berbahan baku ikan, selalu menjadi andalan di Kota Makassar. Nah, salah satu yang banyak disukai adalah masakan yang berbahan kepala ikan. Beberapa menu yang disajikan, seperti pallu mara ikan, ikan goreng, rasanya pas di lidah.

29. Olympic Bakery

Makanan berbahan roti memiliki banyak peminat di Kota Makassar. Penyuka roti tentu tidak asing lagi dengan toko roti di Jalan Gunung Merapi ini.

Beberapa produknya, seperti aneka roti, roti goreng, hingga cake yang mantap di lidah harus dicoba.

30. Pallubasa Serigala

Rumah makan Pallubasa yang sudah berdiri sejak 1987 ini namanya sudah menasional. Pengunjung yang datang ke Makassar, pasti selalu direkomendasikan untuk mencoba sajian daging dengan kuah kaya rempah yang biasanya dicampur telur ini.

31. Myoung-Ga (Korean Restaurant)

Jangan kira Makassar tidak punya restoran dengan menu Korea-Jepang yang menggugah selera. Restoran ini berada di Jalan Veteran Menyajikan berbagai makan khas Korea dan Jepang, seperti beef galbi, kimchi, yakiniku, dan lain-lain.

32. Pisang Goreng Igor

Bagi para penikmat pisang goreng, camilan yang dijual usaha ini adalah rajanya. Salah satu produknya adalah pisang goreng kipas standar, coklat keju susu, hingga palm sugar keju susu.

33. Pangsit Mie Palu

Mi Pangsit ini sudah melegenda di Makassar, dan sudah punya pengunjung tetap yang selalu meramaikan warungnya. Produk mi pangsit ini tersedia dengan beberapa ukuran porsi, mulai dari yang kecil, besar, dan jumbo.

34. Bebek Goyang Sulawesi

Baru sekitar dua tahun berdiri, sejak 2016 lalu, rumah makan yang mengandalkan sajian daging bebek asli dari Pinrang dan Sidrap ini, langsung mendapat tempat di hari masyarakat Makassar.

Rumah makan yang kini sudah punya tiga outlet di Makassar ini, menyajikan bebek goreng, hingga ayam goreng.

35. Warung Marem

Warung yang mengandalkan masakan rawon ini, sudah cukup dikenal oleh masyarakat di Makassar. Selain rawon, juga menyajikan menu andalan lain seperti nasi campur.

36. Mie Titi Makassar

Mie ini sudah terkenal hingga ke Ibukota negara. Warga biasa hingga artis yang berkunjung ke Makassar biasanya mencoba mi kering khas Makassar ini, yang sudah hadir sejak tahun 1990an. Beraneka ragam produk mie, tetapi jenis mie kering yang paling favorit.

37. Otak-otak Yenny Gosal

Usaha otak-otak ini sudah dirintis sejak 1997 silam, dan menjadi salah satu yang terbaik di Makassar. Produk berbahan ikan itu juga sudah menjadi langganan Makassar Most Favorite (MMF) Award Culinary.

38. Pallu Kaloa 66

Salah satu rumah makan kepala ikan yang receomended di Makassar. Letaknya di Jalan Tentara Pelajar. Berbagai masakan khas Ikan disajikan seperti pallu mara dan masakan lain. Tetapi Pallu Kaloa menjadi andalan.

39. Kapurung Kasuari

Kapurung adalah masakan asli khas masyarakat Luwu dan Palopo. Bahannya berupa sayuran, ikan, hingga jantung pisang. Di Makassar, salah satu tempat terbaik menikmati berbagai hidangan masakan Palopo seperti kapurung, barobbo, dst adalah warung makan Palopo di Jalan Kasuari.

40. Yam Mie

Para pencinta Bakmi sudah akrab dengan rumah makan ini. Menyajikan masakan bakmie dengan cita rasa yang berbeda. Ada yang berkuah, kremes hingga renyah.

41. D’Penyetz & D’Cendol

Kafe dan Restoran yang sudah hadir sejak tahun 2017 ini, sudah mendapat tempat di hati masyarakat. Produknya yang andalan berupa ayam penyet, bebek, lele, bandeng, serta berbagai macam cendol, selalu menjadi favorit.

42. Chocolicious (kue & oleh-oleh)

Jangan salah, olahan kue-kue tradisional khas Sulawesi Selatan sangat banyak diminati wisatawan bahkan para turis yang datang.

Salah satu produsen kue yang terkenal di Makassar ini, menyajikan berbagai macam kue khas Sulsel, mulai dari Katri sala, Barongko, bahkan kue khas luar negeri seperti Jananese choux, hingga pia bakar Taiwan.

43. Fusia Rajanya Nasi Timbel (nasi bakar)

Para penikmat nasi timbel di Makassar pasti tidak asing dengan rumah makan ini. Menyajikan nasi timbel dengan berbagai lauk pauk dengan bumbu yang lezat, seperti ikan bakar, ayam bakar, dan lainnya.

44. Pempek Leany (Pempek)

Kudapan seperti pempek, meski bukan berasal dari Makassar tetapi sangat pas dan nikmat di lidah masyarakat Indonesia. Di Makassar, para penikmat pempek pasti tahu restoran ini.

Menyajikan pempek asli Palembang dengan bahan baku ikan tenggiri, dengan berbagai jenis pempek.

45. La Kopi (Coffee House)

Banyak warung kopi yang menyajikan minuman kopi asli yang nikmat di Makassar. Ada satu kedai kopi yang recemended. Menyajikan sensasi menikmati kopi di tempat yang nyaman, bersama camilan seperti ubi goreng dan lain-lain.

46. Hooray Dessert

Makanan-makanan dessert dihadirkan di kedai ini, dengan kualitas rasa yang bisa diadu. Berupa tempat nongkrong untuk para pencinta Fruit Dessert, dengan beraneka macam souce, topping hingga ice cream yang semuanya merupakan produk homemade!

47. Gustuso Gelato

Jangan salah, Makassar juga punya tempat yang asyik untuk pecinta gelato. Di kafe ini, makanan berbagai rasa disajikan seperti green tea, bubble gum, stroberi, kemangi, dan lainnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Budaya

Sejarah Patung Arca Joko Dolog Surabaya

Terkini.id, Surabaya - Arca ini menurut legendanya dibuat tahun 1289 masehi sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Kartanegara yang memerintah kerajaan Singasari.Patung ini secara khusus