Wow, Surabaya Masuk 10 Besar Peringkat Kota Toleran di Indonesia

Kota Surabaya

Terkini.id, Surabaya – Dalam rangka memperingati Hari Toleransi Internasional yang diperingati setiap tanggal 16 Desember setiap tahun, SETARA Institute melakukan kajian dan indexing terhadap 94 kota di Indonesia dalam hal isu promosi dan praktik toleransi.

Tujuan pengindeksan ini antara lain untuk mempromosikan kota-kota yang dianggap berhasil membangun dan mengembangkan toleransi di wilayahnya masing-masing, sehingga dapat menjadi pemicu bagi kota-kota lain untuk turut bergegas mengikuti, membangun dan mengembangkan toleransi di wilayahnya.

Kota Toleran dalam studi indexing ini adalah kota yang memiliki beberapa atribut berikut: 1) Pemerintah kota tersebut memiliki regulasi yang kondusif bagi praktik dan promosi toleransi, baik dalam bentuk perencanaan maupun pelaksanaan. 2) Pernyataan dan tindakan aparatur pemerintah kota tersebut kondusif bagi praktik dan promosi toleransi. 3) Di kota tersebut, tingkat peristiwa dan tindakan pelanggaran kebebasan beragama/berkeyakinan rendah atau tidak ada sama sekali. 4) Kota tersebut menunjukkan upaya yang cukup dalam tata kelola keberagaman identitas keagamaan warganya.

Sementara itu, Kota Surabaya masuk dalam 10 peringkat kota dengan skor toleransi tertinggi. Kota Surabaya, meskipun meraih skor yang rendah di antara kota-kota lain dalam klaster yang sama pada variabel Regulasi Pemerintah, kota pahlawan memiliki skor sangat baik pada variabel Tindakan Pemerintah (yaitu pernyataan publik pemerintah dan tindakan nyata).

Pada indikator 7 variabel Demografi Agama, Surabaya juga meraih skor tertinggi yang dicapai oleh kota-kota pada klaster top ten.

Kota Surabaya memenuhi beberapa variabel kota dengan skor toleransi tertinggi. Antara lain Regulasi Pemerintah Ind 1 0.433 Ind 2 1.190, Regulasi Sosial Ind 3 1.200 Ind 4 0.600, Tindakan Pemerintah Ind 5 0.700 Ind 6 0.900, Demografi Agama Ind 7 0.300 Ind 8 0.500. Surabaya mendapatkan skor akhir 5.823.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Guru Magang di Surabaya Cabuli Siswi SMP

Terkini.id, Surabaya - Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Surabaya menangkap Latiful, pelaku pencabulan terhadap remaja berusia 14 tahun.Pemuda 23 tahun, yang juga